Yuk Simak Rahasia Membuat 4. Donat Metode Autolyse Ala Chef Resto

4. Donat metode autolyse

Baru banget terjun di dunia perbakingan, gegara pandemi covid-19 dan PSBB di wilayah saya, untuk ngurangin kebosenan liat banyak banget tutorial yg menggiurkan������, akhirnya ketemu yg masuk dengan alat & bahan dirumah. Metode ini sangat membantu bagi yg belum punya mixer,nda mau pegel ngulen (seperti saya������) dan saya memutuskan memakai yg punya channel CR cook, dr tutorialnya memang buat roti sobek tapi pada dasarnya adonan seperti ini bisa buat donat,pizza& roti manis/sobek tergantung topingnya.. Sebelumnya sudah pernah buat donat tp pakai metode ngulen biasa dan hasilnya belum bagus (bisa dikatakan gagal) karena sudah adonannya lembek,banyak nyerap minyak setelah matang ������ rasanya kayak makan minyak. Sedih saya disitu males mau coba lagi. Pernah bikin pizza dibilang enak,wow seneng jg dipuji ������,lain kali saya share di cookpad untuk pizzanya.Dari itu saya mau coba buat donat lagi. Kembali lagi ke resep kali ini, cocok buat saya yg punya anak2 masih balita,bisa ditinggal buat tugas yg lain bakal tak terasa waktunya.Mari kita mulaiiii������... Kakak sedang mencari inspirasi resep 4. Donat metode autolyse yang fenomenal? Cara membuatnya memang sulit-susah gampang. Seandainya keliru mengolah maka hasilnya tidak akan jadi dan malah cenderung tidak sedap. Sedangkan 4. Donat metode autolyse yang sedap harusnya sih memiliki bebauan dan rasa yang mampu memancing selera kita. Beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap mutu rasa dari 4. Donat metode autolyse, mulai dari jenis bahan, berikutnya seleksi bahan-bahan fresh, hingga metode membuat dan menyiapkan. Tak usah pusing bila mau menyiapkan 4. Donat metode autolyse sedap di apartemen, sebab asal telah paham caranya maka hidangan ini bisa jadi hidangan mak-nyuss. Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat 4. Donat metode autolyse ialah 18 potong. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang. Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan 4. Donat metode autolyse sendiri di apartemen. Tetap dengan bahan yang simpel, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat 4. Donat metode autolyse memakai 12 macam bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membikin hidangannya.

 Bahan-bahan dan bumbu yang harus dipersiapkan untuk membikin 4. Donat metode autolyse :

- Bahan A: - 250 gr tepung terigu pro tinggi (saya Cakra) -/+ 23 sdm munjung - 1 butir kuning telur - 50 gr gula pasir / -/+ 5sdm peres - 120 ml air /1 gelas belimbing + 1/2 gelas - Bahan B: - 1 1/2 sdt ragi - 30 gr mentega / -/+ 1 sdm munjung (blue band cake & cookie) - 1/4 sdt garam - Toping: - gula halus - meses warna

 Iklan dulu ya say, cek alat-alat masaknya

 Frozen food

 Step by step untuk membikin 4. Donat metode autolyse dengan mudah

  1. Siapkan bahan A, tepung saya ayak karena sudah buka tutup, campur gula pasir ke dalam air, aduk-aduk biar gula larut, lalu masukkan tepung kedalam wadah dan kuning telurnya.
  2. Kemudian masukkan air gulanya sedikit demi sedikit sambil diaduk memakai spatula.
  3. Saya menggunakan tangan,pastikan tangan sudah bersih.Aduk sampai tercampur rata,kemudian tutup pakai kain bersih.Istirahatkan adonan sampai -/+ 6 - 8 jam di suhu ruang.Saya membuat jm 3 pagi,kebangun tdk bisa tidur lagi,bukan karena puasa������dan biar bisa diolah besok paginya.
  4. Kelamaan saya profing, hampir 10 jam mengurus krucil yg baru rewel������.Saya buka bagian atasnya kering,apa udara siang ini lumayan panas atau kelamaan saya profingnya.Mau nangis karena sudah lama2 nunggu kok gini hasilnya(maaf kelupaan foto saking shock ������),terus saja saya uleni berharap bisa brubah,maklum baru pertama kali.Kemudian masukkan bahan B, ragi buat pasta dg ditambah 4sdt air.Masukkan mentega&garam ulen sampai rata.Tangan dikasih mentega.
  5. Memang adonan lengket,tetapi usaha tdk menipu hasil dan blm 5 menit sudah kalis elastis.Profing lg selama 45mnt.
  6. Mengembang baru 1 1/2 kali, gpp sudah mau olah aja adonannya.Potong & timbang 20gr yg kecil,30 gr yg agak besar.Belum stabil untuk urusan timbang menimbang.Letakkan pada wadah yg sudah ditaburi tepung.Diamkan lg 30 menit.
  7. Setelah 30 mnt tekan adonan dg tangan dan lubangi dg corong, yg satu memang sengaja tdk dilubang.Lalu panaskan wajan kasih minyak yg agak banyak, tes panas masukkan tusuk sate bila ada gelembung panas sdh panas.
  8. Tetap ditutup kain biar adonan tidak kering, ambil sesuai urutan spt gambar diatas.Dari atas kebawah lalu keatas lagi strsnya. Goreng sekali balik, bila sudah kecoklatan angkat dg lidi, sedikit malu white ring nya.
  9. Goreng sampai habis dan maaf kalo hasilnya tdk beraturan karena masalah menimbang td,dan ternyata lengket di wadah, pas diangkat waktu mau digoreng.Lain kali bikin yg lebih caantik.Jadinya 18 potong dan waktu disobek saya pencet bisa balik sendiri������, disitu saya senang.
  10. Beri toping sesuai selera, ini yg masih bisa diselamatkan, yg lain sebelum diberi toping sudah dimakan aja sama anak-anak.Selamat mencoba������������
  11. NB: untuk ragi, tepung dan gula pasir ukurannya seperti ini.
Gimana nih? Simpel kan? Itulah sistem membikin 4. Donat metode autolyse yang bisa Kakak praktikkan di kost-kosan. Mudah-mudahan berkhasiat dan selamat mencoba!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Viral! Cara Membuat Puding Lumut Blue Band Ekonomis Lezat Dan Praktis

Terungkap! Resep Manggo Thai Ala Aq Pasti Enak